5 Tips Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Tips Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Sepeda motor matic memiliki pangsa pasar besar di Indonesia. Masyarakat +62 banyak memiliki produk Honda matic terbaru sebagai kendaraan untuk aktifitas dalam keseharian dengan alasan praktis dan nyaman. Tidak perlu repot dengan kopling maupun pindah gigi mesin terutama bagi pengendara golongan emak-emak.

Kendaraan motor matic saat ini telah banyak menggunakan sistem injeksi. Teknologi tersebut modern dibandingkan generasi sebelumnya yang masih menggunakan sistem pembakarannya dengan karburator. Selain itu mengenai perawatan motor matic injeksi semakin mudah dan membuat pengendaranya tidak terlalu sering mengeluarkan dompet untuk isi bensin karena irit dalam penggunaan bahan bakar.

Walaupun sepeda motor matic sistem injeksi teknologinya canggih tetap perawatan rutin menjadi perhatian utama bagi pengendara. Manusia saja kalau tidak dirawat bisa sakit apalagi benda mati seperti motor pastinya akan bisa buat masalah besar bahkan membahayakan si pengendaranya sendiri.

Nah cara merawat motor matic injeksi juga jangan asal-asalan, sederhana tapi pasti dan rutin. Dibawah ini sudah dirangkum cara cerdas merawat sepeda motor matic jenis injeksi. Pahami baik-baik lho ya…

 

Panasi Mesin Motor

Cara jadul ini masih berlaku hingga kini, jadi ingat ya setiap hari mesin sepeda motor harus dihidupkan. Lho sudah injeksi kok masih harus repot memanaskan meson motor? Ya sama aja bohong dong katanya teknologinya sudah canggih. Itu pertanyaan orang awam ya, jadi marilah kita pahami secara cerdas agar tidak membuat repot dikemudian hari.

Tujuan sepeda motor matic injeksi tetap harus dipanasi setiap hari adalah agar minyak pelumas atau oli mesin dapat melakukan sirkulasi secara baik antara udara dan bensin. Cara panasinnya juga jangan seperti jaman dulu, dihidupkan lama dan kadang masih ditarik-tarik gasnya seperti mau balapan.

Cukup panaskan mesin motor beberapa menit, sambil ngopi, minum teh, atau makan pisang goreng juga boleh. Tarikan gas nya stasioner aja ya, jangan seperti mau balapan. Setelah mesinnya hangat bisa dimatikan, mudah kan?

 

Rutin Ganti Oli

Ganti oli sepeda motor matic juga jangan diabaikan, lakukan secara berkala. Jangan malas dan pelit, minyak pelumas itu ada masa fungsinya mengalami penurunan. Untuk Sepeda motor Honda Matic Injeksi disarankan setiap 3000 Km atau perhitungan 2 bulan pemakaian terus menerus sudah harus ganti oli.

Irit boleh tapi jangan keterlaluan apalagi untuk sepeda motor milik sendiri yang setiap harinya digunakan untuk aktifitas. Jika pelitnya ngga ketulungan untuk ganti oli ya bisa saja pada saatnya nanti malah keluar uang banyak buat perbaikan motor.

 

Tangki Harus Selalu Ada Bensin

Bagi pengendara yang suka mengisi bensin disaat isi tangki kritis bahkan sampai mogok sangat tidak disarankan punya motor matic injeksi. Soalnya jika terlalu sering kehabisan bensin maka mesin ngadat karena saluran yang masuk injektor masuk angin alias kosong tanpa cairan bahan bakar. Agar hidup tidak jadi susah gara-gara ngirit bensin, sering mogok diajalan, dan akhirnya motor rajin ke bengkel sebaiknya perhatikan tangki bensin agar tetap terisi walaupun tidak harus penuh.

 

Service Secara Rutin

Tidak semua pengendara motor memiliki kemampuan atau keahlian merawat motor matic injeksi secara keseluruhan. Daripada Anda repot sebaiknya serahkan kepada service resmi motor Honda. kalau domisili tinggalnya ada di Tangerang dan sekitarnya bisa dibawa ke Dealer Resmi Honda Nambo Motorindo.

Perawatan secara rutin di bengkel Honda resmi pasti ditangani oleh teknisi yang berpengalaman. Mereka sudah punya prosedur khsusus dalam menangani perawatan dan perbaikan motor Honda. Sebaiknya dalam setahun lakukan service sepeda motor sebanyak 4 kali agar kondisinya tetap prima.

 

Berkendara Dengan Cerdas dan Bijaksana

Sepeda motor matic injeksi dibuat dengan teknologi tinggi untuk kenyamanan si pengendara serta efisiensi bahan bakar mesin. Gunakan motor tersebut secara baik jangan berlebihan karena bisa mengakibatkan tidak nyaman digunakan bahkan paling parah mesin rusak.

Banyak kondisi di jalan yang harus pengendara perhatikan dan waspadai agar motor awet dan Anda aman. Jangan paksakan motor Anda jika tidak situasinya tidak memungkinkan.

5 tips cara merawat sepeda motor matic injeksi diatas sebenarnya merupakan panduan umum, namun banyak yang tidak memperdulikan dengan berbagai banyak alasan. Sekali lagi agar kendaraan awet khususnya untuk motor Honda matic, lakukan hal sederhana tersebut agar hidup anda lebih nyaman tidak direpotkan dengan masalah mesin motor.

Similar Posts:

Related Post