Harga Honda CB150R ExMotion 2020

Satu lagi motor sport 150cc yang dirilis Honda. Motor ini yakni versi produksi dari motor konsep Honda 150SS yang belum lama ini disajikan pada sebuah arena pameran otomotif. Nampak beberapa bagian mengadopsi desain Honda 150SS, sehingga membuat tampilan CB150R ExMotion terlihat modern dan berbeda dari motor sport 150cc sekelasnya. Honda juga menawarkan mesin DOHC terkini yang diklaim lebih bertenaga dan sudah lulus uji emisi Eropa.

Motor ini terlebih dulu dijual di Thailand dengan tiga tipe berbeda, yakni standar, Scrabler Restoran dan Steet Restoran. Kecuali itu, Honda juga melengkapinya dengan fitur keselamatan ABS untuk tipe tertinggi dengan harga jual lebih mahal. Masih banyak fitur yang dimiliki motor ini, dan semuanya sudah tersaji sempurna pada balutan bodi yang gagah dan berkarakter. Nah untuk mengamati motor ini dari dekat, silahkan simak kabar spesifikasi dan harga Honda CB150R ExMotion berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Honda CB150R ExMotion

Spesifikasi Honda CB150R ExMotion
Mesin
Type : PGM-FI double-head overhead nozzle, 4-valve water cooling valve
Kapasitas Silinder : 149cc
Diameter X Langkah : 57.3 x 57.8
Perbandingan Kompresi : 11.3: 1
Suplay System : PGM-FI (Programmed Fuel Injection System)
Variasi Transmsi : 6 tingkatan gear
Variasi Starter : Electric
Cara Pengapian : Advance control system with computer
Variasi Kopling : Multiple wet clutches stacked
Dimensi
P x L x T : 1,973 x 822 x 1,053 mm
Jarak Sumbu Roda : 1296 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 139 mm
Tinggi Jok : 795 mm
Berat Bersih : 123 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 8.5 liter
Rangka
Rangka : Inner Pivot Type Diamond Frame
Suspensi Depan : Up-Side Down Fork 41 mm
Suspensi Belakang : Monoshock + Swing Arm
Rem Depan : Disk Brake 296 mm
Rem Belakang : Disk Brake 220 mm
Ban Depan : 110 / 70-17 M / C 54H
Ban Belakang : 150 / 60-17 M / C 66H
Kerja Mesin

Spesifikasi Honda CB150R ExMotion seperti itu mengagumkan. Motor ini mengusung mesin DOHC 4-Valve terkini yang dijamin lebih bertenaga dibandingi mesin CB150R Steetfire. Mesin hal yang demikian berkapasitas 149cc dan dilengkapi teknologi molybdenum-coated piston serta sistem pendingin water cooling. Kapasitas mesinnya memang kecil, tapi sudah mengusung teknologi PGM-FI dan knalpot underbelly yang membuatnya lulus uji standar emisi Eropa, yakni EURO IV.

Energi dan torsi yang dikeluarkan akan disalurkan pada sisten transmisi 6 percepatan yang dijamin responsif dan cakap meningkatkan kecepatan akselerasi motor ini. Kemudian untuk sistem koplingnya menggunaka kopling bertipe Multiple wet clutches stacked. Perpaduan seluruh bagian hal yang demikian membuat Honda CB150R ExMotion bisa melaju betul-betul kencang dan menaklukkan motor 150cc sekelasnya. Namun sayangnya harga Honda CB150R ExMotion dibanderol cukup mahal.

Cara Pengereman

Harganya lebih mahal dibandingi CB150R Streetfire maupun CBR150R yang memiliki bodi full fairing. Harganya yang mahal tak lepas dari desain motor ini. Pasalnya, Honda CB150R ExMotion memiliki desain stylish yang gampang dimodifikasi dan terlihat berotot. Bodinya memang bongsor, tapi tak membuat bebannya menjadi berat. Bahkan muatan motor ini hanya 123 kg untuk tipe standar, dan tipe ABS 125 kg.

Yah, Honda menjual motor ini dalam varian ABS dan Non-ABS yang otomatis memberi dampak harga Honda CB150R ExMotion. Tidak hanya itu, Honda juga menjual edisi khusus yang sudah dimodifikasi dengan gaya Restoran Racer, Scrambler, dan Moriwaki Edition. Semuanya dibanderol dengan harga berbeda, dan menurut kami harga Honda CB150R ExMotion terlalu mahal untuk sebuah motor sport 150cc.

Desain & Dimensi

Untungnya motor ini memiliki desain berkelas yang mirip dengan moge, jadi wajar apabila harganya betul-betul mahal. Adapun untuk dimensinya memiliki ukuran panjang 1.973 mm, lebar 822 mm, dan ketinggian 1.053 mm. Terbukti motor ini memiliki rangka dengan spot berat di sektor tengah, sehingga membuat sensasi berkendara lebih ringan dan membutnya kian gampang dikontrol. Joknya juga tak terlalu tinggi dan memiliki jok penumpang terpisah.

Tinggi jok Honda CB150R ExMotion berjarak 795 mm dan memiliki jarak terendah ketanah berukuran 139 mm. Meskipun untuk jarak sumbu rodanya yakni 1.296 mm. Pada bagian depan juga terpasang tangki berukuran besar yang bisa menampung BBM menempuh 8.5 Liter. Untuk menambah kesan gagah, CB150R ExMotion dilengkapi headlamp berbentuk bundar yang sudah menerapkan teknologi LED, sehingga lebih hemat energi dan bisa memaksimalkan pencahayaan di malam hari.

Suspensi

Lampu sein depan merekat pada bagian speedometer yang sudah menerapkan panel meter Full Digital. Desain speedometernya betul-betul modern, dan bisa menampilkan bermacam-macam kabar secara detil dan detil. Pada bagian bawah juga terpasang engine guard yang akan melindungi mesin dari kerikil dan kotoran. Kemudian untuk bagian belakang tersedia tail light dan lampu belakang LED.

Sekiranya dijual di Indonesia, Honda CB150R ExMotion akan berkompetisi melawan Yamaha Xabre. Keduanya memiliki desain unik dan buntut pendek. Tidak hanya itu, motor ini juga memiliki suspensi depan Upside Down 41 mm yang dijadikan oleh Showa. Mungkin ini yang membuat harga Honda CB150R ExMotion dibanderol mahal. Karena suspensi hal yang demikian juga diaplikasikan Honda X-ADV 750. Lebih hebatnya lagi, CB150R ExMotion juga menerapkan rem ABS G-Sensor layaknya CB1000RR.

Ban & Rem

Suspensi belakangnya juga dioptimalkan oleh swing arm yang memiliki berat ringan dan sebuah monoschok. Kemudian untuk sistem pengeremannya, Honda menyediakan varian ABS dan Non-ABS yang sama-sama memiliki rem cakram pada bagian depan dengan diameter 296 mm dan dilengkapi 4 kaliper. Meskipun rem belakangnya menerapkan piringan cakram berdiameter 220 mm.

Ukuran ban Honda CB150R ExMotion juga betul-betul besar. Tersedia ban depan berukuran 110/70-17 M/C 54H dan ban belakang 150/60-17M/C 66H. Alhasil kesanggupan handling motor ini kian maksimal dan akan memanjakan pengendaranya dikala berakselerasi menerapkan motor ini. Segala fitur yang dimilikinya memang sempurna untuk sebuah motor 150cc. Nah bagi masbro yang penasaran berkeinginan mengetahui harga Honda CB150R ExMotion, silahkan simak dibawah ini.

Daftar Harga Honda CB150R ExMotion
Harga Honda CB150R ExMotion Non-ABS
Rp. 39 jutaan
Harga Honda CB150R ExMotion ABS
Rp. 43 jutaan
Harga Honda CB150R ExMotion Scramble Restoran
Rp. 47 jutaan
Harga Honda CB150R ExMotion Street Restoran
Rp. 55 jutaan
Harga Terkini : Daftar Harga Motor Honda
Selanjutnya soal harga, Honda CB150R Exmotion varian reguler dibanderol 98.000 Baht atau apabila kita rupiahkan sekitar 39 Jutaan. Meskipun untuk varian ABS dibanderol 109.800 Baht atau berimbang Rp 43 Jutaan. Lalu ada pula varian special edition dengan harga 135.200 Baht atau 55 Jutaan untuk model Steet Restoran yang dilengkapi sistem pengereman ABS dan hanya tersedia 500 Unit. Kecuali itu, Honda juga menjual varian Scramble Restoran yang dijadikan hanya 1.000 unit dan dibanderol 118.400 Baht atau sekitar Rp. 47 Jutaan.

Kelebihan CB150R ExMotion
Suspensi depannya menerapkan upside down berukuran 41 mm yang membuatnya terlihat kian gagah
Meskipun bodinya terlihat berotot, tapi muatan motor sport 150cc ini betul-betul ringan
Mempunyai mesin DOHC 149cc yang dijamin bertenaga
Motor ini sudah lulus uji emisi EURO VI
Memakai knalpot underbelly yang berkarakter
Desainnya terlihat betul-betul keren dan modern
Lampu depan dan belakangnya sudah mengadopsi teknologi LED yang memberkan penerangan secara maksimal
Tersedia panel meter full digital yang modern
Dibekali sistem pengereman ABS
Mempunyai ban berukuran besar pada sidi depan dan belakangnya
Kekurangan CB150R ExMotion
Harga Honda CB150R ExMotion lebih mahal dibandingi motor sport 150cc sekelasnya
Belum menerapkan rangka deltabox
Belum diketahui apakah nantinya motor ini dijual di Indonesia atau tak. Mungkin pihak PT AHM sepatutnya berdaya upaya dua kali sebelum memasukan motor ini di Indonesia, karena harga Honda CB150R ExMotion terlalu mahal untuk pasar Indonesia. Harganya hampir berimbang motor 250cc satu silinder, sehingga akan membut masyarakat Indonesia ragu membelinya. Mesti harga Honda CB150R ExMotion tak berbeda jauh dari Yamaha Xabre yang dibanderol 30 Jutaan.

Masyarakat Indonesia memang menggemari motor sport 150cc. Namun rata-rata motor yang memiliki kapasitas mesin 150cc dibanderol dibawah 30 Juta Rupiah atau 30 Jutaan. Sebagai perbandingan yakni Honda CB150R Streetfire yang dibanderol 25 Jutaan dan Honda CBR150R yang dibanderol 32 Jutaan. Alhasil harga Honda CB150R ExMotion tergolong betul-betul mahal dibandingi harga motor sport 150cc sekelasnya. Semoga apabila dijual di Indonesia, Honda membanderol harga Honda CB150R ExMotion dengan harga lebih relatif murah.

Similar Posts:

Tags: ,

Related Post