Headlamp Protector

Hampir seluruh mobil dan beberapa model motor honda saat ini menggunakan lampu halogen sebagai lampu utamanya (headlamp).

Keuntungan lampu halogen dibanding lampu biasa adalah lampu halogen lebih awet hingga 5 kali lipat, dan terang yang dihasilkan juga lebih terang. Saat ini lampu halogen sebagai headlamp juga sudah semakin murah dan dapat dibeli hampir di setiap toko sparepart motor honda.

Lampu halogen mengeluarkan radiasi panas lebih tinggi ketimbang lampu biasa, dan daya yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu halogen juga besar dan harus konstan.

Mengulangi apa yang pernah diutarakan pada artikel tentang lampu halogen tersebut, pada saat halogen tidak menyala, kawat filamen lampu halogen terlihat seperti kawat biasa yang cukup tebal dan keras, nilai hambatan (resistansi) nya pun hampir mendekati nol (0) Ohm, benar-benar seperti seutas kawat kabel.

Pada saat diberi daya listrik, terjadi kejutan pemakaian arus yang sangat tinggi hingga lebih dari 5 kali arus normalnya.

Kejutan ini sering disebut Power Surge, ini terjadi sangat cepat, sehingga tidak mengganggu perangkat pelistrikan lain yang ada di mobil maupun motor, kecuali perangkat itu sangatlah sensitif.

ECU (Engine Control unit / Engine Management) pada mobil atau motor bermesin injeksi sudah dilengkapi berbagai pengaman terhadap gangguan pelistrikan, seperti gangguan terhadap surge, noise, naik turunnya tegangan, dan sebagainya sehingga tidak terganggu oleh power surge yang ditimbulkan pada saat kita menyalakan headlamp.

Power surge yang terjadi, membuat filamen lampu halogen yang mulai menipis bisa langsung putus, lampu halogen mati. Itu sebabnya lampu halogen mati/putus pada saat awal dinyalakan, karena kawat filamen yang tipis tidak mampu menahan kejutan arus yang sangat tinggi.

Jika power surge dapat diredam agar kejutan arus tidak terlalu tinggi, maka lampu halogen akan lebih panjang umurnya, karena kawat filamen yang mulai menipis tidak cepat putus.

Saat ini ada beberapa macam produk Headlamp Protector yang dijual di toko aksesoris mobil / motor.

Sayang sekali banyak yang salah kaprah terhadap produk ini. Banyak yang menyebut produk ini sebagai Capasitor Bank, padahal bukan!

Produk Headlamp Protector membuat kurva kejutan arus menjadi tumpul dan landai.

Dengan demikian, lampu halogen akan menjadi lebih awet. Cara pasangnya sangat mudah, sbb.

Harga Headlamp Protector berkisar antara 120ribu hingga 200ribu rupiah, untuk sepasang lampu.

Kesimpulan/Saran:

    Pemakaian Headlamp Protector tidak akan membuat lampu menjadi lebih terang, dan tidak didesain untuk dipasang pada klakson. Pada prinsipnya Headlamp Protector bersifat sebagai FILTER, jadi pasti ada yang diredam, ada yang berkurang, sehingga tidak akan menambah terang, malah mungkin sebaliknya. Karena tujuannya membuat lampu halogen awet.
    Headlamp Protector hanya berfungsi saat awal lampu dinyalakan, begitu lampu menyala.. Headlamp Protector hampir tak berperan apa-apa.

 

Similar Posts:

Related Post