Ketahui Sumber Masalah AC Mobil yang Tidak Disadari Pengguna

Air Conditioner (AC) merupakan pendingin udara yang menjadi fitur andalan di seluruh kendaraan mobil. Tanpa disadari bahwasanya AC mobil menjadi fitur yang memberi kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya. Namun pernahkah Anda merasakan bahwasanya AC mobil mengalami kendala ketika digunakan dari tahun ke tahun? Berikut akan diulas lebih mendalam mengenai sumber masalah AC mobil.

 

  1. Freon Habis atau Kurang

Sumber masalah pertama dan mendasar yang jarang diketahui oleh pengguna mobil adalah pada bagian freon. Umumnya bagian freon dapat habis atau berkurang ketika jangka waktu penggunaannya telah berlangsung sejak lama. Jika ditelusuri lebih mendalam, penggunaan Freon tidak akan pernah habis atau berkurang jika tak terdapat kebocoran yang signifikan.

Dalam arti lain, terdapat beberapa penyebab kebocoran yang jenisnya beragam. Pertama, yakni dikarenakan komponen sistem sudah lama dan kuno. Kedua, dapat disebabkan karet yang mengeras dan telah lama atau kerusakan kecil menahun. Ketiga yakni sistem valve kompresor yang telah rusak akibat penggunaan lama tanpa perbaikan secara berkala.

Dikutip dari penjelasan Agus, seorang montir mobil yang ahli dalam bidangnya. Bahwasanya freon merupakan poin penting yang berguna sebagai otot yang menggerakan AC mobil. Sehingga apabila freon dirasa telah berkurang fungsinya dan bermasalah, maka Anda perlu dengan sigap membenahi. Hal yang ditakutkan ialah kerusakan jangka panjang pada AC mobil tanpa Anda ketahui.

 

  1. Filter AC Tersumbat

Kedua adalah filter AC yang jarang terjamah oleh pengguna mobil. Pada pemikiran kebanyakan orang, bahwasanya filter AC hanya berpengaruh terhadap kebersihan udara yang disediakan. Pada kenyataannya, filer AC berpengaruh penuh terhadap kondisi daya guna AC suatu mobil. Sehingga dapat dikatakan bahwa filter AC merupakan jantung pada sebuah tubuh mobil.

Pada sumber masalah AC mobil yang terdapat pada filter AC, hal yang cukup rawan ditakutkan ialah kotoran atau debu menempel. Pada dasarnya kotoran inilah yang lambat laun akan menumpuk dan mengurangi fungsi dari sebuah AC mobil. Apabila sudah tertimbun dan menumpuk terlalu banyak, dapat menyumbat aktivitas sirkulasi udara. Sehingga daya guna dari AC mobil tersebut dapat berjalan kurang maksimal.

 

  1. Motor Extra Fan Mati atau Lemah

Motor Extra Fan sama halnya dengan bagian freon yang telah dibahas sebelumnya. Meskipun kedua bagian ini berbeda, kenyataannya dalam fungsi AC mobil dapat berpengaruh besar. Saat Motor Extra Fan melemah atau bahkan mati, hal ini dapat membuat permasalahan yang signifikan dalam proses kondensasi. Sehingga kondensor di dalam AC mobil tidak dapat berfungsi secara optimal.

Ketika permasalahan tersebut kurang atau tidak ditangani sejak awal, maka hal terburuk yang akan terjadi ialah tak ada udara dingin yang masuk ke dalam mobil. Beberapa pengguna mobil mungkin tidak menyadari adanya permasalahan tersebut. Sebab Motor Extra Fan merupakan bagian yang sifatnya terpencil. Jika sudah rusak atau bermasalah, maka Anda perlu menggantinya dengan Motor Extra Fan varian terbaru.

 

  1. Evaporator Kotor

Salah satu elemen yang menjadi musuh utama dari Evaporator ialah debu. Hal ini perlu Anda ketahui sejak awal ketika sudah memiliki mobil. Sebab jika Anda kurang atau bahkan tidak mengetahui detail dari penggunaan mobil. Dapat berakibat fatal untuk jangka waktu penggunaan yang lama. Debu merupakan salah satu kotoran yang dapat menghambat proses sirkulasi dari AC mobil.

Debu ini umumnya menjadi sumber masalah AC mobil pada bagian Evaporator sebab kurang mampu tersaring. Oleh karenanya perlu untuk Anda mengetahui pembersih dan perawatan yang cocok untuk evaporator AC mobil. Sehingga dapat meminimalisir serta mencegah adanya kerusakan evaporator AC mobil yang berdampak kurang baik untuk jangka waktu penggunaan yang lama.

Jika anda kurang mampu untuk menyisihkan waktu pada pengecekan evaporator. Saat ini telah tersedia banyak jasa perawatan serta pembersihan mobil utamanya bagian AC. Anda hanya perlu berkonsultasi perihal kebutuhan pembersihan yang mungkin dapat dilaksanakan oleh layanan yang dipilih. Dana yang disiapkan pun umumnya ramah di kantong.

 

  1. Kondensor Kotor

Serta untuk sumber masalah AC mobil yang terakhir ialah bagian kondensor. Untuk bagian kondensor sendiri terletak di bagian depan radiator. Posisinya yang dekat radiator menjadi pengundang segala kotoran yang dapat hinggap saat pengguna berkendara. Oleh sebab itu, Anda harus rajin mengecek keberadaan kondensor untuk meminimalisir kerusakan penggunaan yang berdampak besar bagi kondisi AC mobil.

Similar Posts:

Related Post

Gas Pengisi BanGas Pengisi Ban

Ban yakni komponen penting pada kendaraan. Saja kendaraannya (kendaraan beroda empat, motor, sepeda, angkutan lazim, truk, dan sebagainya) tekanan gas (angin) dalam ban perlu dipandang supaya daya kerja (grip/tenaga cengkram)