Mau Tahu Cara Meningkatkan Kecepatan Honda Vario

Cara meningkatkan kecepatan Honda Vario ternyata masih banyak dicari oleh para pengguna sepeda motor matik tersebut. Padahal performa sepeda motor yang cukup laris itu bagi sebagian orang sudah sangat baik. Ya, kami paham juga karena kendaraan yang bisa melaju kencang atau lebih cepat pastinya akan membuat senang para pemakainya.

Dari berbagai sumber dan pendapat pera pengguna serta orang yang gemar memodifikasi sepeda motor ada beberapa cara menambah kecepatan Honda Vario. Cara dan tips yang kami himpun ini sebagian besar cukup mudah untuk diikuti. Mari kita simak satu per satu.

1. Mengganti Filter Udara

Cara ini bisa dilakukan untuk menambah top speed Honda Vario. Biasanya filter udara yang dibuat oleh pabrikan menggunakan viscoust element yang susah untuk dicuci ataupun dibersihkan. Maka sebagian orang mengganti filter udara bawaan tersebut dengan bahan yang terbuat dari kawat baja. Salah satu merk yang sering digunakan adalah Ferrox. Dengan bahan yang anti karat ini maka aliran udara akan kian lancar yang berefek pada ringan atau entengnya tarikan sepeda motor. Kalau tarikannya enteng maka kecepatan akan lebih mudah ditambah.

2. Modifikasi Kepala Silinder dengan Porting-Polish

Idenya adalah untuk memperlancar aliran masuk serta keluarnya sisa pembakaran maka pelu dibuat seperti bentuk terompet yang mendekati payung klep menjadi lebih besar. Dengan porting dan polish (korek mesin) maka permukaan yang kasar akan dihilangkan sehingga aliran lebih lancar.

Memang proses ini memerlukan alat khusus bor tuner yang dapay menghaluskan dinding lubang sebelah dalam pada masukan dan keluaran ruang bakar (intake and exhaust). Namun ada pula orang yang memanfaatkan ampelas untuk menggosok lapisan “kulit jeruk” yang ukurannya sekitar 0,5 mm. Akibatnya efisiensi bahan bakar bisa maksimal, gas buangan juga lebih lancar, ujung-ujungnya tenaga dan tarikan lebih kuat.

3. Menggunakan Busi Iridium

Langkah yang lain untuk meningkatkan kecepatan Honda Vario adalah dengan menggunakan busi iridium. Harganya sekitar Rp 200.000 namun efeknya dipercaya cukup dahsyat. Kelebihan busi iridium untuk motor diantaranya: lebih tahan terhadap panas, lebih awet, meningkatkan respons gas, dan pembakaran yang efisien.

4. Menggunakan Koil Racing Ultraspeed

Ini memang pengalaman dan tips personal yang diberikan oleh pemodifikasi motor. Dari pengalamannya, dengan menggunakan Ultraspeed koil maka lesatan motor lebih terasa.

Itulah tadi sekilas tips dan cara untuk menambah dan meningkatkan kecepatan Honda Vario yang kami himpun dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi. Tentu saja kami tidak bisa menjamin 100 persen tips ini, tergantung situasi dan kondisinya. Berbagai referensi produk juga berdasarkan pengalaman para penggunanya dan kami tidak ada kaitannya ataupun sponsor dari produk tersebut.

Nah, para pembaca sepedamotorhonda.com yang telah mempraktekkan tips di atas ataupun yang memiliki pengalaman untuk mempercepat lesatan Honda Vario, kami berharap komentarnya ya. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi pembaca yang lain.

Similar Posts: