Memasang Ring Piston Motor Honda Yang Benar

Topik yang akan menjadi pembahasan kita kali ini adalah bagaimana cara memasang ring piston motor yang baik dan benar , nah mungkin salah satu dari kita mengalami hal demikian , untuk itu sahabat bikers bisa mencoba panduan dibawah ini untuk mengatasi masalah cara memasang piston honda yang benar.

Sebelum membahas tentang Ring piston  ,mungkin diantara kita masih ada beberapa yang belum kita ketahui tentang apa itu ring piston….?

Ring piston (seher) adalah part  motor yang  dipasang di bagian piston dan merupakan bagian yang bergesekan dengan dinding liner mesin.

nah untuk fungsinya sendiri , ring piston ini mempunyai fungsi yaitu sebagai penahan kompresi mesin dan mengatur pelumasan dinding liner mesin. yang perlu di perhatikan adalah saat pemasangannya, Saat pemasangan nya pun tidak boleh salah maupun terbalik jika terjadi hal demikian maka akan menyebabkan bahaya.Untuk itu bikers bisa mengikuti petunjuk dibawah ini, karena ada aturan aturan dalam pemasangan piston motor tersebut.

Aturan Dalam Pemasangan Piston Motor Honda

  1. Yang pertama aturanya yang perlu anda ketahui adalah pahami dan pelajari permukaan, kode, warna, dan sudut ring piston Permukaan ring kompresi dan ring oli sangat berbeda. Ring oli bergelombang dan ring kompresi tampak datar dan mengkilap. Kalau ring kompresi ada tulisan N/T, itu menghadap ke atas dan sebagai ring kompresi ke 1/atas. Jika warna yang lebih gelap, atau malah kehitaman, itu merupakan ring kompresi ke 2/bawah. Jika dicermati lagi, sudut ring kompresi piston juga ada perbedaannya. “Ada perbedaan antara ring kompresi 1 dan ring kompresi 2. Jika salah dalam menentukan mana yang ring kompresi 1 dan mana yang ring kompresi 2, fungsi yang diharapkan dari pemasangan ring tersebut tidak akan terpenuhi, dan motor akan tetap ngebul”
    Meskipun sama berfungsi memampatkan kompresi di ruang bakar, tapi tiap ring punya peran berbeda. Ring kompresi 1 yang permukaannya rata, berfungsi menekan dinding silinder sehingga kompresi tak bocor.Ring kompresi 2, permukaannya lebih menyudut. Selain berfungsi menjaga kerapatan, juga berfungsi membersihkan sisa lapisan minyak atau oli yang ada di dinding silinder. Sehingga bisa menghindari oli terbakar yang menyebabkan keluarnya asap putih dari knalpot.Ketika pasang ring kompresi, jangan menempatkan celah ring pada satu titik. Karena hal itu akan akibatkan terjadinya kebocoran kompresi. Selain itu, tidak boleh juga menempatkan ujung ring kompresi pada celah ujung cincin oli.
  2. Perhatikan sudut celah ring piston
    Ring piston memiliki bagian yang terputus. Celah ring piston ring piston honda yang terputus itulah yang harus diperhatikan oleh kita dan harus kita atur letaknya.

Nah itulah bikers beberapa aturan yang penting dalam pemasangan piston ,jadi kesimpulannya harus hati hati dan terus belajar

Similar Posts:

Related Post

Memiliki sepeda motor memang kadang merepot kan kita ,apa lagi dengan hal hal sepele , seperti ban bocor , mau tidak mau kita harus merawat motor honda yang miliki ,